Hack adalah kegiatan yang berasal dari kreatifitas seseorang terhadap sesuatu dalam hal ini adalah jaringan komputer. Banyak orang berpendapat bahwa hack itu merupakan tindakan yang negative, tetapi sebenarnya hack itu adalah tindakan yang positif. Yang mengandalkan kreativitas si programmer. Adapula Crack yaitu kegiatan yang bersifat merusak dan merugikan para pengguna komputer. Inilah yang selama ini telah merugikan orang banyak. Jadi masyarakat telah keliru dengan pengertian hacker dan cracker.
Ada beberapa tingkatan hacker, yaitu:

1. Black Hat
Hacker ini bersifat jahat dan bertujuan untuk merusak. Hacker black hat ini yang biasa disebut Cracker. Hacker ini hanya memikirkan keuntungan yang akan didapatnya dari hasil kerjanya, sehingga dia memakai jalan yang jahat.

2. White Hat
Hacker ini adalah hacker sesungguhnya. Hacker white hat ini memakai keahliannya untuk tujuan yang baik. Jadi sebaiknya anda jadi hacker jenis ini saja, tidak merugikan orang lain.

3. Grey Hat
Ini adalah hacker yang paling berbahaya. Menagpa ? Karena hacker ini bias bersifat baik dan kadang bias bersifat jahat. Nah berarti bahaya banget kan ?

Biasanya Cracker adalah orang yang tertutup, tetapi sekarang tidak. Sekarang Cracker lebih terbuka dan jika ia telah berhasil merusak suatu system, maka ia akan memamerkan aksinya. Zaman sekarang kayak gini perusahaan-perusahaan banyak yang memakai jasa hacker untuk melindungi bisnisnya dari serangan cracker. Jadi, kalo anda jadi hacker gak rugi lho.