Apa sih virus itu? gimana sih bentuknya? kotak? bundaran? Virus komputer merupakan semua program komputer yang bersifat merugikan ataupun tidak yang datang dengan sendirinya tanpa diinginkan oleh pengguna komputer serta dapat bertahan hidup. Virus-virus ini muncul bermula dari sebuah game computer dimana pemain menciptakan suatu program yang dapat bertahan dari pemain lain. Mulanya game ini hanya populer di kalangan tertutup saja, tetapi lama kelamaan game ini dikenal oleh banyak orang.

Saat ini cukup banyak orang yang berminat pada virus komputer. Hal ini dikarenakan
semakin berkembangnya dunia teknologi. Dengan meningkatnya dunia teknologi, maka pembuat virus (Virus Maker) akan semakin meraja rela. Bayangkan saja 5 – 10 tahun lagi, semua benda yang ada di sekitar kita terbuat dari mesin dan komputer. Saat ini saja, yang masih sedikit komputer dan mesinnya banyak yang rugi akibat ulah virus. Bagaimana nanti ?

Memang sih semakin teknologi maju maka sistem pertahanan untuk komputer juga akan maju. Tapi, virus juga akan beradaptasi dengan hal itu. Seperti pada pelajaran biologi, virus merupakan makhluk hidup. Dia dapat menghasilkan keturunan, beradaptasi, dsb. Begitu pula virus komputer, dia juga dapat beradaptasi dengan baik.
Pertama kali virus diciptakan hanya ada satu jenis, yaitu virus general. tetapi sekarang sudah ad banyak sekali jenis virus. Jika dikelompokkan secara umum maka da lima jenis virus yaitu :

1.Virus Boot Sector
Virus yang menggandakan diri dengan menindih boot sector suatu disk sehingga secara otomatis virus akan berjalan saat disk tersebut booting.

2.Virus File
Virus yang menyerang suatu file yang biasa digunakan dalam OS seperti com, bat, exe

3.Virus Direct Action
Virus yang berjalan di memori computer untuk menjalankan program lain guna menipu antivirus.

4.Multi Partition Virus
Virus ini merupakan gabungan virus boot sector dengan virus file.

5.Polymorphic Virus
Virus yang mampu mengubah struktur dirinya guna mengelabui antivirus.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa jumlah jenis virus akan bertambah seiring dengan waktu. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda (bagi yang muda) harus membangun moral yang baik, agar virus tidak dimanfaatkan untuk kejahatan saja, tetapi virus dimanfaatkan untuk kebaikan yang mulia.