Tidak sedikit orang yang menyepelekan password. Tidak menganggap password mwrupakan suatu yang penting. Padahal password adalah salah satu hal penting yang harus kita lindungi. Banyak orang yang berpikir bahwa lebih baik membuat password yang mudah diingat seperti nama pacar, nama istri, tanggal lahir, nama belakang user. Atau bahkan ada yang memakai kata ‘password’ itu sendiri sebagai password. Hal ini dapat membuat celah, sehingga hacker bisa masuk.

Jika dimisalkan password adalah sebuah kunci dan account/software adalah rumah dan hacker adalah maling. Saat meninggalkan rumah, kita akan menyimpan kunci tersebu di suatu tempat misalnya di bawah pot bunga, di atas pintu, di bawah keset,dll. Maling yang ingin mencuri di rumah kita akan mencari-cari kunci itu agar bisa masuk. Maling-maling yang amatir akan berusaha merusak kunci pintu rumah tersebut. Dengan cara mencoba kunci lain yang mirip, mendobrak pintu, merusak engsel pintu. Hal ini akan mengundang kecurigaan pemilik rumah karena pintunya rusak . Tetapi bagi yang sudah professional, ia akan mencari kunci di tempat yang sudah pasti kunci itu ada di sana. Sehingga pemilik rumah tidak curiga bahwa rumahnya telah dibobol.

Sama dengan perumpamaan di atas, jadi password kita harusnya memakai kata yang tidak banyak digunakan orang lain sebagai password. Bisa dibilang bahwa, rata-rata orang mempunyai password yang buruk. Adapun ciri-ciri password yang buruk :

- Terdiri kurang dari 6 karakter

- Terdiri dari satu suku kata yang umum, misalnya makan, suka, cantik

- Password terdiri dari karakter huruf saja atau angka saja

- Password tidak di-encrypt

- Terdiri dari campuran angka dan huruf, tetapi masih ada memiliki arti, misalnya adm1n, h4ck3r, 1k4n

- Beberapa kata yang berhubungan dengan user, misalnya password, administrator, admin, nimda

Memang ciri-ciri di atas akan membuat password mudah diingat. Tetapi, kalau kita memakai password dengan ciri-ciri tersebut, maka dengan mudah cracker akan membobol account kita. Untuk mencegah terjadinya kebobolan, maka kita harus memenuhi ciri-ciri password yang berkualitas. Cirinya sebagai berikut :

- Terdiri lebih dari 6 karakter

- Terdiri dari dua suku kata atau lebih, misalnya makanpisang, sukanasigoreng, cantikayu

- Password terdiri dari campuran karakter huruf dan angka, misalnya 3XXds4432, kkj887hyt, kjkjgj7675

- Password di-encrypt

- Tidak menggunakan kata yang berhubungan dengan user, misalnya password, administrator, admin, nimda

Jika password yang kita miiki sudah sesuai, maka insya Allah cracker atau orang jahat manapun tidak bisa membobol account kita.

Mungkin, sekarang anda berpikiran bahwa password merupakan hal yang gak penting, tapi keesokan hari anda akan menyesal akibat password itu.

Terima kasih./^_^\