Mematikan komputer adalah hal yang harus kita lakukan apabila kita sudah memakai komputer. Jika kita sering memakai komputer maka kita juga akan sering mematikan komputer. Cara yang dipakai dalam mematikan komputer pun relatif sama dan membosankan. Agar anda tidak bosan dalam mematikan komputer, saya akan memberi sedikit info tentang cara spesial mematikan komputer. Cara ini berbeda dengan cara yang biasa anda lakukan dalam mematikan komputer.

Cara-cara yang akan saya jelaskan, meliputi :
1. ShortCut
2. Prompt

Saya akan mulai yang pertama. Setelah itu yang kedua, lalu selesai. Hhehe..

1. ShortCut

Maksudnya adalah kita mematikan komputer dengan bantuan ShortCut (Jalan Pintas). Cara membuat ShortCut-nya adalah sebagai berikut :

a. Klik kanan pada Desktop, lalu pilih New, lalu pilih Shortcut.
 b. Pada kotak pengisian lokasi, isikan dengan teks dibawah ini.
shutdown.exe -s -t 1 -c "fr-ee-it.blogspot.com"
 c. Lalu Next, Beri nama untuk ShortCut.
 d. Yang terakhir klik Finish.

Sekarang anda sudah membuat shortcut-nya. Ubahlah nama atau icon sesuai dengan apa yang anda inginkan. Untuk menjalankannya tinggal di-doubleclick aja.

2. Prompt

Kali ini, kita akan menggunakan command prompt dalam mematikan komputer. Untuk lebih memudahkan, kita akan membuat file yang berisi perintah untuk CMD. Jadi, kita akan lebih mudah mengeksekusinya.

a. Pertama, buka notepad.
 b. Setelah itu, ketik code di bawah ini.
@echo off
shutdown -s -t 1 -c "fr-ee-it.blogspot.com"
 c. Lalu, save code tersebut dengan nama "Shutdown.bat"

Nah sudah selesai membuat file perintahnya. JIka ingin menjalankan, di doubleclick aja, sama kayak yang tadi.

Kedua cara ini memiliki kesamaan, yaitu sama-sama memakai program shudown.exe, hanya saja penulisannya berbeda. Hampir lupa, saya akan menjalaskan maksud dari kode-kode yang sudah saya tulis tadi.

-s = perintah untuk mematikan komputer
-t = perintah untuk memberi tenggng waktu sebelum komputer dimatikan. Kalau kode di atas dijalankan maka komputer akan mati dalam waktu 1 sekon.
-c "" = perintah untuk memberi komentar/argument

Sekian.($NT!)