Belakangan ini, telah muncul sebuah berita menarik. Apa beritanya ? Beritanya adalah kemunculan worm baru yang menyebar lewat e-mail.

Berdasarkan Fox News, worm ini sudah menjatuhkan server di US space agency NASA. "Virus ini sangat aktif dengan mengirimkan banyak e-mail" kata pengurus Kaspersky.

Setelah sekian lama tidak ada worm yang menyebar lewat e-mail karena dianggap tidak efektif, sekarang muncul lagi yang baru. Worm ini dikenal dengan sebutan "Here you Have", karena
dalam e-mail yang berisi worm bertuliskan hal tersebut.

Apa saja yang dituliskan worm ini dalam e-mailnya ? Dibawah ini adalah kata-kata yang ditulis dalam e-mail tersebut.


Subject: Here you have (or “Just for you”)
Body: This is The Document I told you about, you can find it Here. [link]
Please check it and reply as soon as possible.
Cheers,

Nah, disitu kan ada link-nya, link itulah yang akan membawa anda untuk men-download sebuah file pdf atau video. Tetapi, sebenarnya file yang akan anda download berekstensi scr. File ini adalah wormnya. Saat anda meng-click link tersebut, worm akan menyebar dengan cara mengirim e-mail ke semua orang yang ada di address book anda.

Bagaimana jika e-mail tersebut dihapus? Hal ini tidak akan mempengaruhi proses penyebaran. Maksudnya penyebaran akan tetap berlangsung walaupun e-mail worm sudah di hapus. Kali ini ini penyebaran dilakukan lewat komputer yang sudah teinfeksi worm tersebut. Worm dapat masuk ke flash disk atau bahkan bisa masuk ke bluetooth device yang sedang anda pakai.

Ciri-ciri komputer yang sudah terinfeksi adalah adanya file CSRSS.EXE di folder Windows. Selain itu, virus ini juga berusaha untuk menghapus antivirus yang ada di komputer. Worm ini juga bisa men-download file-file yang gak jelas.

Untuk mencegah terinfeksi virus ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan yaitu.
1. Jangan meng-click link di e-mail dimana anda tidak kenal siapa pengirimnya.
2. Pakailah antivirus yang selalu di-update. Dan sudah memiliki database worm ini seperti Kaspersky, McAfee, Norton
3. Berdoalah semoga komputer anda tidak kena virus tersebut.

Semoga Bermanfaat. ^_^