Sobat pembaca, ketemu lagi. Tadinya ingin dibuat satu posting-an blog dengan posting-an yang sebelum ini, tetapi karena terlalu banyak, saya buat menjadi 2 posting. Masih menyangkut maslah sebelumnya yaitu tentang spam facebook.Kalau sebelumnya membahas tentang cara mengatasinya, sekarang yang akan kita bahas adalah tindakan preventif kita untuk mengindari terkena spam.

Langsung saja kita mulai tips-nya :

1. Gunakanlah HTTPS

Apa itu HTTPS ? HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris. Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). 

Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port HTTPS adalah 443. Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual. Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https://’ bukan dengan ‘http://’.

Dengan menggunakan protokol ini, akun facebook anda akan aman dar spam. Untuk bisa menggunakan HTTPS pada facebook, caranya cukup mudah. Klik panah ke bawah yang ada di kanan atas, pilih account settings, pilih menu security, pada pilihan secure browsing, klik edit, beri tanda centang pada “Browse Facebook on a seure connection (https) when possible”, klik save changes.

2. Jika sudah selesai menggunakan akun facebook, segera log out

Mengapa demikian? Karena spam bisa masuk dan menyerang saat anda sedang log in akun anda, lalu anda surfing di internet. Spam sekarang menyerang dengan menggunakan script. Dimana script ini ditujukan kepada akun facebook yang sedang aktif di komputer anda saat itu. Otomatis tanpa anda sadari, akun facebook anda sudah penuh dengan link-link spam. Padahal anda tidak melakukan apa-apa sebelumnya.

Hindarilah kebiasaan tidak me-log out akun saat anda berhenti berselancar di internet. Karena itu bisa membuka peluang besar bagi spammer untuk menyisipkan spamnya ke akun anda.

3. Gunakanlah Antivirus dan browser yang terupdate

Tidak jarang ada antivirus dan browser yang bisa mengenali spam. Dengan adanya hal ini, maka sedini mungkin kita bisa tahu bahwa itu adalah sebuah spam. Jadi, kita bisa menanggulanginya lebih cepat.

4. Gantilah password akun facebook anda secara rutin.

Dengan mengganti password secara rutin, ini akan membuat akun facebook anda menjadi lebih aman dari serangan hacker. Karena, apa bila hacker sudah menyerang akun anda, habis sudah. Akun anda akan porak poranda seperti kena angin puting beliung. Spam dimana-mana, status-status aneh, foto aneh, dll. Serem kan, makanya tanamkan kebiasaan untuk mengganti password secara rutin agar gak sampe kecolongan ma hacker.

Nah, itu tadi beberapa tips dari saya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.