Halo pembaca !. Zaman sekarang kayak gini banyak orang yang memanfaatkan jasa internet sebagai kebutuhan sehari-hari. Contonya, untuk tugas kantor, sekolah, bahkan untuk hiburan. Biasanya dalam mencari apa yang diinginkan oleh pengguna internet, peng-internet mencari melalui search engine. Karena belum tau dimana alamat website yang menyediakan apa yang dia butuhkan.

Terkadang, mencari melalui fasilitas search engine agak sulit Karen tidak menemukan alamat-alamat yang cocok. Oleh karena itu, saya akan menjelaskan beberapa syntax google yang bisa membantu anda dalam mencari. syntax ini juga dapat digunakan untuk mencari file-file yang sifatnya rahasia. Biasanya hacker
newbee menggunakan syntax-syntax ini.

1. Site
Site berguna untuk memperlihatkan hasil pencarian yang ada dalam suatu situs tertentu. Hal ini berguna untuk mempersempit pencarian. Sehingga pencarian akan lebih mudah dan cepat. Syntax penulisannya :
site:DNSSITE “kata kunci”
Contoh :
site:com Buku
site:net
site:web.id


2. Filetype
Filetype berfungsi untuk mencari file berekstensi tertentu dalam website. Jadi, kalau anda ingin mencari file yang mempunyai ekstensi tidak usah bingung, pakai saja syntax ini. Syntax penulisannya :
filetype:ekstensifile “judul file”
Contoh :
filetype:exe gamesin
filetype:bat virus
filetype:doc


3. Inurl
Inurl berguna untuk mencari suatu informasi dalan URL. Misalnya anda ingin mencari URL yang ada kata “ilmu-virus”. Anda tinggal menuliskan syntax ini pada google. Syntax penulisannya :
inurl:wildcard
Contoh :
inurl:/etc/passwd
inurl:nama
inurl:/dev/hdd


Nah, sekarang pembaca sudah tahu beberapa syntax yang bisa dipakai dalam mempermudah Googling. Semoga bermanfaat! ($NT!)