Trojan Horse atau kuda troya atau Trojan adalah salah satu jenis virus yang telah menyebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Virus ini dinamakan kuda troya karena virus ini bertujuan untuk menetap (meresiden) di komputer tanpa melakukan aktivitas yang menarik perhatian, tetapi virus ini mengincar username dan password yang dimiliki komputer tersebut.

Sejarah pemakaian nama Trojan ini adalah berasal dari Eropa. Pada suatu hari terjadi perang antara kaum Troya dengan kaum Sparta. Perang ini berlangsung sangat amat lama sekali. Akhirnya Sparta pindah pangkalan perang. Kaum Troya mengira bahwa Sparta melarikan diri. Jadi kaum Troya mengambil semua barang milik Sparta yang ditinggalkan. Salah satunya adalah patung kuda raksasa. Pada malamnya mereka semua berpesta atas kemenangannya. Tiba-tiba,
dari dalam patung kuda itu muncul banyak sekali prajurit Sparta. Dengan kejapan mata kaum Troya dapat dikalahkan. Nah, dari sini lah nama itu diambil karena memiliki fungsi yang sama.

Saat ini telah banyak orang yang mencoba membuat Trojan virus, karena dengan adanya Trojan virus, pencipta virus akan mendapatkan apa yang ia inginkan. Seperti nomor rekening + password, account ym, fb, tweeter milik korban akan menjadi milik si pencipta Trojan virus. Jadi, virus yang satu ini perlu diwaspadai juga, karena meski tidak menggangu kenyamanan anda dalam berkomputeria, tapi bisa memiliki apa yang anda miliki di komputer anda.

Pada tahun 2010 ini, ada sebuah Trojan yang terkenal. Trojan ini akan anda temukan di warnet-warnet yang tidak mempedulikan keamanan komputer. Ciri-ciri dari virus ini adalah ada “autorun.inf” dan folder “RECYCLER” yang beratribut hidden system. Jadi hati-hati kalau flashdisk anda terdapat file-file tersebut. Sebaiknya anda tetap memperhatikan file-file aneh yang tidak anda ketahui sebelumnya.

Beware…..