Para pembaca yang setia, kali ini saya akan menjelaskan tentang Worm. Yang artinya cacing. Banyak sekali worm yang beredar di dunia ini hanya saja kita belum menyadarinya. Mari kita mengupas seluk beluk worm.

Worm komputer merupakan evolusi dari virus komputer. Worm adalah virus. Apa perbedaannya ? Perbedaan antara worm dan virus teletak pada metode dan skala penyebarannya. Kalau virus, menyebar dari satu komputer ke komputer lain melalui manusia (dari flash disk, cd, dsb) dan skala penyebarannya cukup sempit. Sedangkan worm, dapat menyebar melalui e-mail, IRC, internet. Sehingga memiliki skala penyebaran yang lebih luas. Jadi misalnya anda membuat worm, lalu anda sebarkan melalui internet, maka komputer orang yang ada di Kutub Utara bisa terinfeksi oleh worm yang anda buat, asalkan orang Kutub tersebut online.

Zaman sekarang seperti ini, sudah banyak antivirus gratis yang ada di internet. Hal ini menyebabkan penyebaran si worm terganggu, otomatis si pembuat juga tidak dalam keadaan senang. Jadi , sekarang worm lebih banyak memakai teknik social engineering dalam berreproduksi. Misalnya dengan memanipulasi nama file (Filename Spoofing) agar korban tidak curiga atau terpancing untuk membukanya.

Worm sebagai file yang berisi kode-kode pemrograman, dapat disisipi Trojan juga. Jadi selain merusak komputer worm ini dapat mencuri data yang secara otomatis akan dikirim ke e-mail si pembuat worm tersebut.

Adapun contoh worm yang telah beredar (mungkin sekarang sudah punah) : LoveLetter.vbs, Code Red, Nimda, Stertor, CompuSpeed.

Dalam setiap tubuh worm yang satu dengan yang lain, memiliki perbedaan. Ada worm yang menyerang file-file berekstensi vbs, exe, bat, js, jpg, mp3 dan css. Ada juga yang menggunakan bug suatu server. Bahkan ada juga worm yang dapat men-deface suatu website.

Dengan sebagian kecil penjelasan ini, saya harap anda bertambah wawasan tentang worm.($NT!)