PlayStation 3 adalah salah satu console game yang diproduksi oleh Sony Computer Entertainment. PS3 pertama kali di-release di Jepang tahun 2006. PS3 ini bersaing dengan Xbox dan Nintendo's Wii sebagai console game generasi ketujuh. Bertambahnya waktu, bertambah juga teknologi canggih. Tetapi, akhir-akhir ini terdengar berita bahwa SCE menuntut seorang hacker PS3. 


Pada bulan Agustus 2010 tahun lalu, PlayStation Jailbreak di-release. PlayStation Jailbreak merupakan sebuah USB device yang digunakan untuk men-copy game asli dari Blu-Ray ke internal HDD atau eksternal HDD. Tak lama kemudian ada juga PS3 Key dan PS3 Break. Ini menunjukkan bahwa PS3 sudah mulai di-hack.

Setelah itu, tak lama kemudian ada sekelompok orang yang menyebut dirinya "fail0verflow" mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menjebol code dari PS3's security measures. Mereka juga mengumumkan bahwa hal itu mungkin untuk bisa memunculkan kunci rahasia yang dipakai Sony untuk menandai console tersebut. Dengan adanya hal ini, siapapun bisa menjalankannya di PS3 manapun. Dengan begini, tidak ada perbedaan antara console asli dengan bajakan. 

Salah satu hacker yang berhasil menjebol pertahanan dari PS3 adalah seseorang bernama "Geohot". Nama aslinya George Hotz. Ia adalah seorang software coder. Ia mendapat penghargaan dari dunia sebagai "jailbreaking" the iOS platform. Dia men-hack PS3 console dengan metode exploit dari fungsi "OtherOS" yang ada pada console tersebut.

Pada tanggal 12 Januari 2011 lalu, Sony Computer Enterainment America menuntut fail0verflow dan Geohot atas pelanggaran DMCA (Digital Millenium Copyright Act) dan CFAA (Computer Fraud and Abuse Act).

Tak lama setelah penuntutan itu, Geohot berkata bahwa ia tidak melakukan perbuatan yang ilegal. Dia berkata bahwa cara yang ia lakukan berbeda dengan cara yang sudah berhasil sebelumnya (PlayStation Jailbreak). Dia juga menegaskan bahwa caranya itu tidak mengandung unsur membajak.

Tak lama kemudian pengadilan California memerintahkan Geohot dan orang-orang yang ikut membantunya untuk menghilangkan info-info hacking dari websitenya. Maupun link yang menuju ke software hacking. Proses ini masih belum selesai. Rencananya akan diadakan pertemuan antara semua pihak yang terkait sebelum tanggal 1 Februari 2011.

sumber : wikipedia.comps3.ign.com