Biasanya kita sering bingung untuk memindahkan atau menyalin file ynag sangat besar, tetapi flash disk yang kita miliki hanya memiliki kapasitas yang kecil. Zaman sekarang sudah ada software yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah anda, namanya adalah HjSplit.

Software HjSplit ini  berguna untuk memecah file menjadi beberapa bagian yang ukuran file-nya menjadi lebih kecil dan bisa menyatukannya lagi menjadi ukuran file semula. Ukuran file-file kecil tersebut sama dengan
ukuran satu file yang sangat besar. Jadi, kita bisa memindah atau menyalin file ukuran sangat besar dengan flash disk berkapasitas kecil.

Sofware ini dibuat oleh freebyte.com. dan di-share secara gratis di internet.

Ada beberapa 4 fungsi yang terdapat dalam sofware ini. Ada "Split", "Compare", "Join", "Checksum". Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing fungsi :

1. Split

Fungsi ini digunakan untuk memecah file menjadi beberapa bagian. Saat meng-click tombol Split, maka akan muncul kotak khusus pengaturan Split. Disana ada "input file", "output", "split file size" dan "start". Kegunaannya adalah :
- input file : Letak file yang akan di pecah.
- output : Letak file hasil pemecahan.
- split file size : Ukuran file-file hasil pecahan.
- start : Memulai untuk memecah file.
File hasil pemecahan berekstensi 001 dst.

2. Compare

Fungsi ini digunakan untuk membandingkan antara 2 buah file yang ukurannya sama. Jika ukuran file tidak sama, maka fungsi ini tidak mau berjalan. Biasanya saya menggunakan fungsi ini untuk membandingkan file-file yang terinfeksi virus.

3. Join

Fungsi ini digunakan untuk menggabungkan file-file yang sudah dipecah dengan HjSplit ini. Yang harus anda lakukan adalah memasukkan alamat di mana file-file yang ingin di gabung menjadi satu terletak dan memasukkan alamat dimana akan diletakkan file hasil persatuan tersebut. Lalu click "Start". dengan begini anda bisa menggunakan file yang anda pecah tadi.

4. Checksum

Fungsi ini digunakan untuk membuat suatu kode yang khas dari suatu file. Jadi dari sini kita bisa tau ada virus yang menyerang file kita atau tidak. Jika kode checksum mengalami perubahan saat pegecekan (2 kali pengecekan) maka bisa dipastikan file tersebut ada virusnya. Nah, checksum ini juga biasa dipakai pada antivirus yang ada pada komputer pembaca.

Software ini sangat berguna bagi orang yang tidak punya hardisk eksternal, dan hanya punya flash disk 2 Gb atau 4 Gb. Orang ini bisa memindah file-file film, game, dll. Yang ukurannya sangat besar. Tetapi, kelemahannya orang ini harus bolak-balik untuk meng-copy atau meng-cut.

Bagi yang mau punya sofware ini, bisa di-download pada link di bawah ini.