Registry Editor adalah salah satu program dari Microsoft Windows untuk mengatur jalan (kerja) komputer. Jadi bisa dibilang Registry Editor ini merupakan aplikasi yang penting. Lalu, apabila terjadi suatu perubahan kecil saja dari registry entah itu valuenya, namanya,dll dapat menyebabkan perubahan pada komputer, baik perubahan kecil maupun besar. Intinya, kita harus menjaga agar registry tetap utuh. Memang, jaman sekarang sudah banyak antivirus yang menyediakan jasa perlindungan bagi registry, tetapi alangkah baiknya anda dapat jika anda bisa melindungi Regedit anda sendiri.

Salah satu cara untuk melindungi Regedit adalah dengan melarang penggunaan regedit bagi siapapun kecuali administrator. Bagaimana cara melarang penggunaan regedit ? Disini akan dijelaskan cara melarang dengan bantuan prompt. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka Notepad.
2. Ketik kode di bawah ini.
@echo off
reg add HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System /v disableregistrytools /t reg_dword /d 1 /f
3. Lalu, di-save dengan nama "Disreg.bat".

Setelah membuat file tersebut, jalankanlah file itu. Lalu untuk mengecek buakalah regedit dari Run. Jika tidak bisa dibuka, berarti sudah berhasil.

Jika ingin mengembalikan seperti semula, ubah angka 1 menjadi angka 0. Simpan, lalu jalankan. Beberapa hal yang perlu diketahui :

reg add = berfungsi untuk menambahkan registry ke regedit
/v = Untuk memberi nama reg yang ingin dimasukkan
/t = Untuk menentukan jenis reg yang akan dimasukkan
/d = Menentukan nilai dari reg tersebut, 1 bernilai TRUE, sedangkan 0 bernilai FALSE
/f = Untuk memaksa menulis reg. Jadi, jika sudah ada reg yang sama akan ditumpuk.