Reader, kalian pasti pernah dengar yang namanya “encrypt”. Memang kata encrypt merupakan kata yang jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Encrypt kebanyakan dikatakan oleh orang-orang yang berbau IT. Apakah sebenarnya encrypt itu ?

Encrypt adalah suatu proses penggantian suatu benda (hanya struktur luarnya saja) dengan sesuatu yang memiliki isi sama dengan benda asli, tetapi bentuknya berbeda. Dalam contoh nyata kehidupan sehari-hari, adalah dompet (dalam B.Inggrisnya “wallet”). Dompet punya banyak bentuk, adayang persegi, persegi panjang, lingkaran, bulan sabit, dll. Dompet juga punya beragam warna, adyang merah polos, ada yang bermotif batik, bahkan ada pula yang bermotif kulit hewan. Tetapi
isi dari semua dompet hampir sama yaitu uang, kartu dan kertas-kertas tidak berguna.

Dalam konteks ini yang dimaksud benda adalah karakter huruf dan angka. Masih bingung ? Kalau masih bingung, perhatikan contoh berikut. Misalnya saya punya kata “AWAS”, saya akan meng-encrypt kata tersebut. Hasilnya adalah ” ¯Å¯Á”. Kata hasil encrypt memiliki makna yang sama dengan kata yang di-encrypt tadi, yaitu “AWAS”. Encrypt banyak digunakan dalam bidang komputer.

Ada banyak sekali manfaat dari encrypt ini. Diantaranya :

- Membantu Virus Maker dalam membuat virus
Para virus maker dalam membuat virus pastilah ingin virusnya tidak terdeteksi oleh antivirus manapun. Jadi, untuk menghindari itu para virus maker biasanya meng-encrypt virusnya.

- Melindungi data-data rahasia
Dengan meng-encrypt data rahasia bisa menyebabkan data rahasia tersebut tidak bisa dilihat/dibaca orang lain. Walaupun data tersebut telah dicuri oleh orang tersebut.

- Membuat aman Account-account yang kita miliki
Misalnya anda memiliki account facebook, twitter, yahoo, dll. Lalu account-account anda sering sekali di-hack (dibobol). Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara meng-encrypt username dan password anda. Sehingga hacker tidak bisa membobol account anda.

Zaman sekarang sudah banyak orang yang memakai encrypt ini untuk melindungi karya-karyanya agar tidak dibajak orang lain. Saya harap pembaca dapat memanfaatkan informasi ini dengan benar.(^_^)