Belakangan ini, ada sebuah worm baru yang telah menyebar melalui jaringan internet. Memang hal ini bukanlah hal baru. Sudah banyak sekali worm yang tersebar melalui jaringan internet. Tapi, yang satu ini cukup meresahkan para pengguna komputer. Nama dari virus ini adalah Kido.

Kido termasuk jenis Net-Worm. Ada banyak jenis dari Kido ini. Yang akan dibahas disini adalah Kido (ih). Kido ini merupakan jenis Kido terbaru.

Worm ini belum diketahui berasal darimana. Para peneliti virus komputer kesulitan menemukan daerah asalnya, karena worm ini menyebar lewat jaringan internet. Diperkirakan, worm ini sudah menyebar 1 tahun yang lalu. Hanya saja, baru sekarang worm ini menjadi terkenal. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan semakin kita menuju ke masa depan maka kebutuhan akan teknologi juga semakin meningkat, ini menyebabkan banyaknya pemakaian komputer dan internet. Jadi, Worm ini sangat mudah untuk menyebar pada sekarang ini.

Bagaimana dengan Antivirus? Apakah tidak bisa membunuh worm ini? Faktanya, Antivirus sekarang sudah bisa membunuh worm ini walaupun masih sedikt. Tetapi, ini bukanlah jaminan bahwa komputer anda akan aman dari serangan worm ini. Karena, setiap saat worm ini bisa dengan mudah dikembangkan oleh sang pembuat worm, sehingga bisa mengatasi pertahanan dari antivirus. Beberapa antivirus yang bisa anda pakai dalam mengatasi worm ini adalah :
- Kaspersky
- Eset
- Symantec
- Dll

Apa saja yang dilakukan worm ini? Aktivitas umum yang dilakukan worm ini ada 2. Pertama, ia akan mendownload semua file-file penting di komputer anda. Jadi, worm ini akan mengirimkan info-info penting tenteng komputer anda. Sedangkan yang kedua, worm ini akan mem-block anda untuk mengakses situs-situs resmi. Hal ini akan menyulitkan anda untuk mendapat info-info terbaru tentang segala hal termasuk worm. Jadi anda akan kesulitan untuk menghapus worm ini. Karena anda tidak bisa mendapatkan informasi tentang worm ini.

Ada yang bilang kalau kido net-worm ini adalah trojan conficker. Tetapi pada kenyataannya, keduanya berbeda. Baik dari segi bentuk, maupun tujuannya. Untuk menangani worm ini anda bisa men-download berbagai macam anti-malware atai antivirus di internet. Sekarang sudah banyak aplikasi freeware yang bisa menangani worm ini.

Memang benar kalau setiap hari teknologi selalu berkembang. Dalam perkembangan ini, ada yang positif dan ada pula yang negatif. Worm ini merupakan contoh perkembangan yang negatif. Untuk itu, sebaiknya kita bisa mengembangkan teknologi ke arah yang positif.

Sekian Informasi dari saya.(^_^)