Sobat blogger pasti sudah pada tau Opera Mini semua kan ? Nah, baru-baru ini telah di-release Opera Mini versi terbaru yaitu 6.0.

Opera Mini adalah salah satu web browser yang berjalan pada handphone(mobile) baik itu handphone Java, Symbian, Android, BB, dll. Dengan OM ini kita bisa membuka halaman web dengan cepat dibanding dengan kalau kita memakai browser bawaan dari mobile phone.

Kini hadir versi terbarunya yaitu 6.0. Ada beberapa perbedaan dari OM-OM versi terdahulu. Yaitu :

1.  Tampilan

Pada OM 6.0 ini memiliki tampilan yang lebih simple dibanding tampilan versi sebelumnya. Nah, ke-simple-an inilah yang menurut saya bagus. Karena jika tampilan lebih rumit, maka akan membuat aplikasi berjalan lambat.

2. Features

Pada OM 6.0 ini ada feature baru yaitu “Share”. Dengan feature ini kita bisa membagi link web yang sedang kita buka ke teman-teman kita, share bisa dilakukan melaluui facebook, twitter dan my opera. Jadi, saat web sudah terbuka, pilih “share” pada menu OM 6.0. Setelah itu, anda akan langsung dibawa menuju halaman yang berisi pilihan : melalui apa anda ingin men-share (bisa facebook, twitter dan my opera)

3. Lainnya

Pada OM 6.0 ini juga telah bisa menggunakan istilah "open link in background". Dengan cara kita memilih "open link in new tab". Maka link yang kan kita buka akan berada pada background dan tidak menggangu halaman web yang sedang kita baca. Pada versi sebelumnya, jika kita memilih "open link in new tab" maka kita juga akan berpindah ke halaman yang berasal dari link tersebut.

Wah, tambah canggih ya... Emang harus gitu karena teknologi berkembang terus setiap harinya, jadi semakin lama semakin canggih. Wuuh gak bisa ngebayangin nanti pas 10-20 tahun ke depan. Ada apa ya ?

Thanks nih buat para programmer yang udah buat OM 6.0. Aplikasi mobile ini sangat berguna. Tetap meng-update OM ya, biar tambah canggih.

Cukup dulu ya’. Oh ya, bagi yang mau download OM 6.0 bisa meng-klik link-link di bawah.

Download OM 6.0 :

Java Mobile   ->  Opera Mini 6.0 (Java)

Symbian Mobile   -> Opera Mini 6.0 (Symbian)
                            -> Opera Mini 6.0 (Symbian 2nd)

BlackBerry Mobile  -> OM 6.0 (BB FirmWare 4.2.1)
                               -> OM 6.0 (BB FirmWare 4.3)
                               -> OM 6.0 (BB FirmWare 4.7)


Sumber : mini.opera.com