Penasaran dengan VBS (Visual Basic Script)? Kalau iya, kalian bisa membaca posting berikut yang berkaitan dengan trik VBS dalam komputer dan cara pembuatannya.

VBS atau Visual Basic Script merupakan salah satu bahasa pemograman yang berbentuk script. VBS ini dibangun oleh salah satu perusahaan komputer terbesar yaitu Microsoft.
Biasanya ekstensi file yang sering dipakai adalah *.vbs. Pertama kali dirilis tahun 1996. Jadi, sampai dengan sekarang berarti sudah sekitar 15 tahun dia eksis.

Banyak sekali kegunaan VBS dalam komputer maupun dalam dunia maya. Karena VBS sudah terintergrasi dengan browser-browser zaman sekarang. Tidak jarang kita jumpai banyak blog-blog atau website yang menggunakan VBS dalam sistem web-nya.

Nah, sekarang kita akan membahas trik VBS pada komputer dan cara pembuatannya dengan notepad. Sebenarnya, kalau ingin membuat file VBS bisa pake software yang lain seperti Crimson Editor dan Geany. Tapi, agar mudah dan simple, pakai Notepad aja.

Mari kita simak.. SIMAK UI,  hehehe


1.  CD-Drive Gila

Script ini bertujuan untuk meng-eject CD-Drive secara terus menerus. Jadi, secara otomatis setelah anda menjalankan script ini maka CD-Drive akan meng-eject. Nah, kalau mau mencobanya, kita bisa membuatnya melalui notepad. Buka Notepad, lalu copas kode di bawah ini.

Set free=CreateObject("WMPlayer.OCX.7")
Set it=free.cdromCollection
Do
If free.Count>=1 Then
For i=0 to free.Count-1
free.Item(i).Eject
Next
For i=0 to free.Count-1
free.Item(i).Eject
Next
End If
wscript.sleep 1000
loop


Kemudian kalian save dengan format *.vbs. Jangan lupa untuk mengubah “Save As Type” menjadi “All files (*.*)”. Nah, sekarang bisa dicoba.


2. Komputer Bicara

Kalau yang satu ini, script VBS-nya berguna untuk membuat komputer kita mengeluarkan suara (berbicara). Kalau mau mencobanya, sama seperti tadi, tinggal copas script di bawah ini ke notepad.

CreateObject("SAPI.SpVoice").Speak "Isi dengan kata-kata yang ingin diucapkan oleh komputer"


Nah, sama seperti yang sebelumnya save dengan format *.vbs. Dan jangan lupa merubah, seperti yang saya bilang tadi “All files (*.*)”. Sekarang, coba double click file tersebut. Maka anda akan mendengar komputer berbicara seperti yang anda tulis di atas.


3. Hantu Notepad

Sesuai dengan judulnya, script ini berguna untuk menulis secara otomatis pada notepad, tanpa ada orang yang mengetik. Jadinya, seperti hantu yang mengetik pada notepad. Penasaran pingin nyoba kan ?? Langsung aja nieee script-nya.

WScript.Sleep 5000
Set free=WScript.CreateObject("WScript.Shell")
free.Run "notepad"
WScript.Sleep 200
free.AppActivate "Notepad"
WScript.Sleep 500
free.SendKeys "fr"
WScript.Sleep 500
free.SendKeys "-e"
WScript.Sleep 500
free.SendKeys "e-"
WScript.Sleep 500
free.SendKeys "it"
WScript.Sleep 500
free.SendKeys ".b"
WScript.Sleep 500
free.SendKeys "lo"
WScript.Sleep 500
free.SendKeys "gs"
WScript.Sleep 500
free.SendKeys "po"
WScript.Sleep 500
free.SendKeys "t."
WScript.Sleep 500
free.SendKeys "co"
WScript.Sleep 500
free.SendKeys "m"


Kemudian save dengan format *.vbs. Pokoknya nge-savenya sma dengan script-script yang sebelumnya. Kalian bisa mengganti fragment kata yang berada di antara tanda petik sesuai dengan keinginan kalian. Silahkan mencoba...


Karena trik VBS ini cukup banyak, maka saya membuatnya 2 bagian. Ini adalah bagian satu. Untuk yang bagian kedua akan menyusul. Tunggu bagian yang kedua yaaa.

Sampai ketemu di bagian ke 2. Semoga info ini bermanfaat.
(n_n)