Sebuah Trojan, akhir-akhir ini menimbulkan  di antara pengguna printer. Karena Trojan yang satu ini membuat printer untuk menge-print secara besar-besaran tanpa berhenti, sehingga printer pun bisa terbakar/meledak. Trojan ini bernama Trojan Milicenso.

Trojan Milicenso pertama kali ditemukan pada tahun 2010. Akan tetapi, Trojan ini sedang booming di tahun 2012 ini dikarenakan akibatnya pada printer.

Untuk mencapai sebuah komputer, Trojan ini dapat masuk melalui e-mail, attachments dan script hosting situs, bahkan bisa masuk melalui video codec palsu. Setelah Trojan masuk ke dalam komputer, Trojan langsung memicu komputer untuk men-download beberapa file berbahaya. Selain itu, saat Trojan ini sudah dieksekusi (dijalankan), Trojan Milicenso ini akan membuat berbagai macam file di direktori sistem dan meng-edit Windows registry. Peng-editan mungkin akan menyebabkan lalulintas melalui firewall komputer. Trojan ini pun dapat mendownload updatenya yang memungkinkan adanya tambahan aksi yang dapat merusak kompter dan sekitarnya. Inilah cara kerja Trojan Milicenso.

Selain aksi di atas, trojan ini juga melakukan aksi yang terlihat oleh pengguna komputer, secara aksi yang telah disebutkan di atas merupakan aksi yang tersembunyi dari pengguna, sehingga pengguna tidak mengetahui apakah komputernya terinfeksi atau tidak. Trojan Milicenso akan menampilkan iklan-iklan dan re-direction dari browser, yang mengarahkan link pada browser ke arah link-link iklan. Selain itu, yang paling menarik perhatian adalah Trojan ini mengirimkan perintah tugas yang sangat banyak kepada printer yang terhubung dengan komputer yang terinfeksi ini. Sehingga printer akan meng-print secara random, file-file yang ada di komputer.

Namun, sekarang, antivirus yang mendunia seperti Symantec sudah dapat membasmi Trojan ini. Kalau pakai antivirus masih belum bisa, kita bisa menghapusnya secara manual. Dengan cara sebagai berikut :

1. men-disable System Restore sementara

2. Update antivirus yang dimiliki

3. Restart komputer dalam Safe Mode

4. Setelah masuk ke dalam Safe Mode, jalankan full system scan dan clean infected files. Jika tidak bisa di bersihkan, letakkan file terinfeksi dalam karantina antivirus.

5. Lalu, restart lagi komputer dan pastikan Trojan Milicenso sudah hilang dari komputer anda

Selain cara di atas, anda juga bisa melakukan scanning komputer dengan antivirus online.

Sekian saja posting saya kali ini, semoga bermanfaat.




Sumber :