Hello guys, kali ini saya akan membahas tentang salah satu malware yang cukup berbahaya dan sangat merugikan. Yaitu Trojan varian ADH. Dan yang paling penting, saya akan membahas juga cara untuk membersihkan trojan ini dari komputer.

Akhir-akhir ini, trojan yang satu ini banyak menginfeksi komputer-komputer di seluruh dunia terutama komputer yang sering online (conect internet). Nah, biasanya pemakai komputer yang masih
memakai antivirus dengan database lama, trojan ini akan terdeteksi sebagai malware tipe baru. Tapi, jika sudah pakai antivirus yang selalu di-update, akan terdeteksi sebagai Trojan.ADH.

Trojan ini menyerang OS Windows 98, Windows 95, Windows XP, Windows Me, Windows Vista, Windows NT, Windows Server 2003, Windows 2000 dan Windows 7.

Trojan ini telah dimodifikasi oleh pembuatnya, agar terhindar dari patroli antivirus. Jadi, terkadang antivirus kita sudah berhasil mendeteksi keberadaan trojan ini lalu kita menghapusnya, tapi beberapa saat kemudian akan muncul peringatan lagi bahwa ada Trojan.ADH di komputer kita. Padahal kita sudah menghapusnya. Tetapi, masih ada saja peringatan bahaya Trojan.ADH dan juga peringatan ini sering muncul bahkan bisa sampai 4 peringatan/menit.

Nah, untuk itulah kita harus me-remove-nya dari komputer kita. Nanti akan saya jelaskan caranya. Oh ya, yang saya ceritain tadi, itu adalah pengalaman saya. Kompie saya pernah ke-infect sama ni trojan. Tapi, alhamdulillah sekarang kompienya udah sehat lagi.

Apa aja sih yang dilakukan trojan ini terhadap komputer kita ?

1. Trojan ini bisa membuat komputer kita berjalan lambat. Jadi, kalau komputer anda berjalan lambat, hati-hati mungkin saja itu akibat trojan ADH.

2. Trojan ini akan mem-block kita agar kita tidak bisa mengakses security web sites (situs keamanan).

3. Trojan ini akan berjalan otomatis (tanpa pemberitahuan terlebih dulu).

Dengan adanya hal-hal di atas, terutama yang nomor 2, kita harus sesegera mungkin untuk me-remove trojan ini. Karena dengan adanya trojan ini, keamanan komputer kita saat kita sedang surfing di internet melemah sehingga malware-malware yang lain dapat masuk ke komputer kita

Cukup dulu infonya tentang trojan ADH ini, sekarang kita akan membahas cara untuk remove Trojan.ADH. Untuk mengatasi Trojan ini ada 2 cara yang bisa anda lakukan. Yaitu :

A. Cara Online

Anda bisa menggunakan online scanner disediakan situs-situs antivirus. Dengan menggunakan online scanner ini, kita tak perlu repot-repot untuk meng-install antivirus. Mudahkan tinggal di scan secara online.

B. Cara Offline

1. Pertama, matikan System Restore pada komputer anda. Caranya : masuk ke control panel dan cari system restore, lalu di-disable.

2. Setelah itu, Reboot (Restart) komputer anda. Tekan "F8" pada saat awal restart untuk masuk ke "Safe Mode".

3. Pilih "Safe mode with Networking" pada pilihan, setelah kita menekan F8.

4. Setelah itu, scan komputer anda dengan antivirus yang anda miliki. tapi kalau bisa sudah di-update.

5. Abis itu, reboot lagi secara normal (bukan safe mode).

6. Selesai

Nah, jika udah melakukan step di atas, insya Allah trojan ADH berhasil di-remove.

Sekian info dari saya. Semoga bermanfaat..