Halo reader free it. Dalam kesempatan kali ini saya akan menguraikan semuanya tentang autorun.inf beserta pembuatannya. Apa itu autorun.inf ? Apakah itu virus ? Apa kegunaannya ?

Autorun.inf adalah sebuah file yang berekstensi *.inf (information). Ekstensi file ada banyak macamnya ada *.exe, *.cdr, *.cer, dll. Nah, salah satunya adalah inf. Kalau “Autorun”-nya merupakan nama file tersebut. Nama ini diberikan sesuai dengan fungsi file tersebut, yaitu untuk menjalankan sesuatu yang lain secara otomatis (Automatic Run).

Secara umum, file ini terdapat pada CD – CD installer software seperti PCSuite, Microsoft Office, dll. Selain itu, bisa juga terdapat di dalam removable disc seperti flashdisk. File autorun.inf ini akan aktif saat kita memasukkan CD installer atau flashdisk pada komputer atau laptop.

Isi dari file ini bisa kita lihat dengan cara mendouble-click file. File autorun.inf akan terbuka pada notepad. Di sini kita bisa melihat apa saja isi dari autorun.inf. Berikut ini adalah isi yang umum pada autorun.inf yang ada pada CD installer.

[autorun]
open=pcsuite.exe
icon=pcsuitesetup.ico
label=PCSuite

Tidak jarang kita menemui antivirus kita mendeteksi autorun.inf pada flashdisk kita sebagai virus. Nah, dengan terdeteksinya file autorun.inf sebagi virus, maka kita akan berpikiran bahwa autorun.inf itu adalah virus. Padahal, autorun.inf itu bukanlah sebuah virus. Autorun.inf hanya sebagai pembantu virus dalam menjalankan fungsinya. Atau bisa kita bilang hanya sebagi pemicunya saja, bukan sebagai virusnya.

Sebuah virus yang baik harus bisa berjalan secara otomatis, tanpa menunggu korban menjalankannya. Karena itulah para virus maker memakai fungsi autorun.inf untuk menjalankan virusnya secara otomatis. Walaupun kita sudah menghapus pemicunya (autorun.inf), kita masih belum aman. Karena kita masih punya virus sesungguhnya (yang dipicu autorun.inf). Lebih aman kita hapus dua-duanya, file virus dan file autorun.inf-nya.

Nah, sekarang kita akan bahas apa saja yang bisa dihasilkan dari autorun.inf.

1. Menjalankan program secara otomatis.
Ini adalah fungsi yang umum dari autorun.inf. Nah, autorun.inf yang ada di CD installer dan pemicu virus, pasti pake fungsi ini. Caranya cukup mudah. Misalnya kita ingin menjalankan file “setupRO.exe”. Kita tinggal buka notepad, lalu ketikkan/pastekan code di bawah ini.

[autorun]
open=setupRO.exe

Setelah itu kalian save dengan nama autorun.inf. Jangan lupa merubah Save As Type menjadi All files. Setelah itu kalian taruh file autorun.inf tersebut satu tempat dengan file setupRO.exe. Selesai.

2. Membuka website secara otomatis
Fungsinya hampir mirip dengan fungsi di atas, hanya saja yang berbeda adalah perintahnya. Kalau untuk menjalankan suatu program kita pakai “open=...”, tapi untuk menjalankan hal lain sepeti website, file txt, dll, kita memakai “shellexecute=...”. Contoh penulisannya dalam file :

[autorun]
shellexecute=http://fr-ee-it.blogspot.com

Setelah itu di-save autorun.inf. Pindahkan file ini ke flash disk. Setelah itu, eject, lalu masukkan lagi. Maka secara otomatis akan terbuka web browser yang menuju ke http://fr-ee-it.blogspot.com.

3. Mengganti icon drive pada CD dan flashdisk
Autorun.inf juga bisa dipakai untuk merubah icon drive menjadi icon yang kita sukai. Caranya, kita hanya tinggal menambah menuliskan code :

[autorun]
icon=myfavor.ico

pada notepad dan save dengan autorun.inf. Jangan lupa ya yang Save as Type-nya. Terus, letakkan file autorun.inf dan file myfavor.ico pada flashdisk atau CD yang ingin anda ubah icon drive-nya. Letakkan file tersebut diluar, jangan dimasukkan dalam folder. Setelah kalian taruh, eject flashdisk kalian. Kemudian insert lagi flashdisk-nya. Jreeeng...!!! icon drive-nya berubah.

4. Mengganti label CD or flashdisk
Biasanya kan ada tuh, nama CD atau flashdisk disamping icon drive. Nah, dengan file autorun.inf ini kita bisa mengubahnya secara otomatis sesuai dengan keinginan kita. Caranya mudah kita hanya tinggal menambah menuliskan code :

[autorun]
label=Ini FD-ku lho..

pada notepad dan save dengan autorun.inf. Jangan lupa yang Save as Type-nya,ya. sama kayak yang icon, letakkan file ini di CD atau flashdisk yang ingi diubah labelnya. Setelah kalian taruh, eject flashdisk kalian. Kemudian insert lagi flashdisk-nya. Jreeeng...!!! labelnya langsung berubah. 

Kalian bisa menggabungkan semua fungsi ini jadi satu dengan menggabungkan kodenya, seperti ini :

[autorun]
open=setupRO.exe
shellexecute=http://fr-ee-it.blogspot.com
icon=myfavor.ico
label=Ini FD-ku lho..

Trus di-save autorun.inf deh.

Nah, dari sekian banyak penjelasan yang saya berikan, kita bisa menyimpulkan bahwa file autorun.inf itu tidak begitu berbahaya. Bahkan banyak sekali yang bisa kita dapat dengan adanya file autorun.inf ini. Kita bisa mengubah icon, label, dll. Dengan ini,  sudah jelas bahwa autorun.inf bukanlah sebuah virus.

Sekian dulu postingan saya tentang autorun.inf. Semoga bermanfaat, yah.